Minggu, 31 Oktober 2010

Nasi Bakar Teri + Jamur + Jambal roti


Baca judulnya aja bikin laperrrr.....kalo uda makan,bikin nambah melulu....lekkker abiszzzzzzzzzzzzz.....ada beberapa saya modifikasi, tapi resep aslinya dari Femina online yaaah...Rasanya gag kalah deh ma resto2 lainnya, malah kalo bikin dirumah toppingnya melimpah ruahhhh....

Bahan2nya semua sederhana, yang bikin capeknya itu ngupas2 bawang,dst plus ngiris2 bumbu halus,heheheh oh yaaa..secara saya kurang telaten,jadi ngebungkus daun pisangnya juga semau gue banget,hehehheh...gapapa yang penting enaaaaaaaaaaaaaak...oya,lebih enak lagi kalo dimakan pake sambel bajak en rempeyek kacang...

yuk ngesot ke resep...

BAHAN:
1 L santan dari 1 butir kelapa parut ( saya pake 1 lt air biasa aja,,,santen bikin kolestrol,hehe)
2 sdt garam ( saya ganti pake 8 gr Royco rasa daging)
3 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
2 lembar daun salam (saya pake 4 lbr supaya wangiii)
10 lembar daun jeruk purut (jangan lupa tulang daunnya di buang)
600 g beras pulen, cuci bersih, tiriskan
Daun pisang untuk membungkus (daun pisangnya di taro d atas kompor sebentar,supaya lemes saat membungkus)

Tusuk gigi untuk menyemat daun pisang
100 gr teri medan, goreng kering

saya tambahin :100 gr jambal roti,potong kotak2,goreng kering


Tumis jamur:
2 sdm minyak untuk menumis
2 lembar daun salam
300 g jamur merang segar, bersihkan, iris tipis
10 buah tomat hijau, iris kasar
1½ sdt garam
½ sdt merica bubuk
½ sdt gula pasir
75 g daun kemangi, siangi

saya tambahin : 4 buah daun bawang,iris tipis


Bumbu, iris tipis:
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih (saya pake 10 siung bawang putih)
5 buah cabai hijau besar (saya pake 6 buah cabe hijau besar)
10 buah cabai rawit merah (saya pake 2 buah cabe merah besar)
2 cm lengkuas, kupas (saya geprek)



CARA MEMBUAT:
  • Nasi: Didihkan santan, garam, serai, daun salam, dan daun jeruk. Tambahkan beras, aduk. Masak hingga air terserap habis. Angkat.
  • Kukus dalam dandang panas selama 30 menit. Angkat. Bagi menjadi 6 bagian.
  • Kalo saya untuk nasinya : Campur air,beras,royco,serai,daun salam,dan daun jeruk kemudian tanak di rice cooker deh

  • Tumis jamur: Panaskan minyak, tumis bumbu iris dan daun salam hingga harum. Tambahkan jamur, tomat, garam, merica dan gula, aduk rata. Tambahkan kemangi, daun bawang aduk. Angkat. Bagi menjadi 6 bagian.
  • Penyelesaian: Ambil daun pisang, beri 1 bagian nasi, 1 bagian isi, 1 bagian teri goreng dan 1 bagian jambal roti. Bungkus berbentuk kotak, lipat sisa daun ke arah bawah. Lakukan hingga selesai.
  • Bakar di atas bara api hingga harum.
Angkat, sajikan.

Untuk 6 porsi
Kalori per porsi: 707


1 komentar:

  1. All that we are is the consequence of what we have estimation. Wait… Has anyone exhorted dissertation for you. Keep the articles progressing !heathrow to w2 |minicab in w2

    BalasHapus